Cara Mudah Mengatasi Printer Offline pada Fujixerox DocuCentre Group

Pada kesempatan kali ini admin akan share trik mudah untuk mengatasi printer offline pada Fujixerox DocuCentre group. Problem ini biasanya terjadi pada saat kita restart mesin atau komputer. Karena sebagian besar mesin multifungsi Fujixerox memiliki base driver yang sama ( selain driver generik bawaan Windows ) jadi semua tipe mesin akan sama prosesnya. Untuk yang menggunakan driver bawaan Windows, biasanya jarang mengalami kendala printer offline.

Secara mudahnya, sistem akan membaca ( transmit dan receive ) koneksi dari dan ke komputer dari printer, jika printer dalam kondisi mati, maka data tidak akan diterima sehingga menyebabkan status berubah offline, dan tidak jarang kita harus restart komputer untuk menghubungkan kembali printer tersebut, tentunya hal ini sedikit merepotkan.

Cara yang paling mudah adalah menonaktifkan fungsi SNMP Status pada driver printer. ( Dalam hal ini jangan tanyakan apakah SNMP itu dan cara kerjanya, karena admin bukan pakar dalam hal ini ).

Langkah-langkahnya ( bisa dilihat di video )

  1. Buka printer properties
  2. Pilih Tab Port
  3. Pilih Port yang digunakan kemudian pilih Configure
  4. Pada bagian bawah ada SNMP Status , uncheck box nya
  5. Kemudian di OK dan Close …. Done

Di video ada beberapa contoh driver, baik yang bawaan windows ( yang ada tulisan Color Class dan BW Class ) dalam hal ini admin menggunakan Win 8.1 , prosesnya sama saja. Kecuali untuk yang 64 bit bawaan Windows , tidak ada setting tersebut di propertiesnya.

Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah printer offline pada Fujixerox DocuCentre group .