Error code 027-452 pada mesin Fujixerox DocuCentre Group

Jika kita menemui problem tidak bisa print ( printer offline ) dan scan dokumen pada mesin-mesin multifungsi Fujixerox Document Centre 236/286/336 G, DocuCentre 2005/3005/2007/3007 G, DocuCentre 2060/3060, ApeosPort 450i/550i/5010 dan yang lainnya, jangan terlalu panik dan segera memanggil teknisi. Problem ini bisa kita atasi sendiri.

Sesuai dengan deskripsi pada service manual yang ada, problem 027-452 disebabkan karena terjadi duplikasi IP ADDRESS atau ada kesamaan IP Addres antara mesin dengan unit perangkat lain, misalnya printer, komputer atau laptop. Umumnya terjadi bila kita menggunakan sistem TCP/IP static untuk semua perangkat. Problem ini jarang terjadi jika sistem TCP/IP yang kita gunakan dinamik ( DHCP ).

Sebagian besar, kita akan menggunakan IP Address statis untuk perangkat printer dengan tujuan mempermudah proses maintenance atau penginstalan driver pada komputer/laptop, sehingga saat kita atau pada umumnya user/orang lain melakukan perubahan pada sistem networking/jaringan di komputernya, bisa terjadi kesamaan IP Address antara komputer miliknya dengan IP Address mesin.

Untuk mengatasi hal ini tentunya kita harus merubah salah satu IP Address tersebut. Apakah yang di mesin atau di komputer. Hal ini tentu akan sedikit merepotkan dan membutuhkan sebuah jalan alternatif untuk mempermudah pekerjaan kita.

Opsi pertama adalah merubah IP Address mesin. Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah kita harus setting ulang seluruh komputer yang terhubung dengan printer tersebut, walaupun tidak harus install ulang. Melainkan hanya mengganti IP Address pada bagian port di properties printer. Pertanyaannya, jika yang terhubung dengan printer tersebut cukup banyak, berapa banyak waktu yang harus kita luangkan untuk proses ini ?

Opsi kedua adalah merubah IP Address pada komputer, tetapi komputer yang mana ? Berapa banyak komputer yang harus kita cek satu persatu ?

advanced-ip-scanner

Ada sebuah solusi untuk mengatasinya, cukup anda cari dan download aplikasi ” ip scanner ” dan jalankan program tersebut. Anda akan dengan mudah menemukan perangkat dengan ip address yang sama, atau cabut terlebih dahulu koneksi ke mesin dan jalankan aplikasinya. Dengan program tersebut, akan mempermudah pekerjaan kita, cukup ganti ip address komputer yang bermasalah dengan ip address yang baru.

Untuk program IP Scanner bisa di dapat di sini