Error 116-399 pada Fujixerox DocuCentre II 3005

Ada kejadian problem yang cukup membuat kening berkerut pada mesin DocuCentre II 3005 kali ini. Terjadi Error 116-399 pada Fujixerox DocuCentre II 3005 yang ada di pelanggan. Salah satu penyebab yang membuat sedikit pusing adalah karena lokasinya sangat jauh dengan lokasi kami.

Dari komunikasi via whats-app dengan pelanggan, didapat info problem terjadi akibat adanya pemandaman aliran listrik. Dan saat aliran kembali normal, mesin pada posisi ON. Yang perlu kita ketahui, mesin-mesin era sekarang umumnya menggunakan sistem digital dimana di dalamnya terdapat sistem operasi untuk menjalankan mesin. Seperti halnya komputer pada umumnya yang menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan sistem, mesin juga menggunakan memory untuk menyimpan sistemnya.

Kembali ke mesin yang problem, jika kita memiliki bahan untuk upgrade/flash firmware ( yang notabene sangat susah didapat kecuali oleh teknisi resmi dari Fujixerox ), kita bisa coba untuk flash firmware tersebut. Karena dengan melakukan flashing firmware, kita sama saja melakukan instalsi sistem dari awal ( factory default ). Tetapi kondisi yang ada, tidak ada bahan untuk melakukan proses flashing tersebut, dan belum tentu 100% akan berhasil.Dari hasil analisa kerusakan pada firmware tersebut, ada 3 lokasi dimana firmware tersebut berada. Yaitu pada ESS Board, MCU Board dan IIT/IPS Board.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah, ( tentunya kita harus memiliki 3 buah board tersebut yang dalam kondisi normal ) mengganti dan mencoba satu persatu karena tidak ada jalan lain lagi…. 🙂

Tetapi kali ini langsung saja kita fokus ke MCU Board ( berdasarkan pengalaman perbaikan kami ). Ganti MCU Board dengan yang baru lengkap dengan IC EPROM nya. Setelahnya baru kita lakukan proses matching billing ( akan kami jelaskan di artikel berikutnya ) untuk mengatasi error 124-325 yang timbul akibat perbedaan serial number pada EPROM.

Semoga bisa membantu untuk mengatasi Error 116-399 pada Fujixerox DocuCentre II 3005 , Terima Kasih.