Scan to Email pada Fujixerox Document Center Group

Salah satu fitur scan di mesin Fujixerox generasi saat ini adalah scan to email yang masih jarang digunakan. Biasanya ada 2 faktor utama yang menjadikan fitur ini jarang digunakan. Yang pertama adalah fitur ini membutuhkan koneksi langsung ke internet dan kedua setting scan to email pada Fujixerox Document Center group agak rumit untuk sebagian orang. Walaupun sebenarnya jika syarat pertama (koneksi ke internet) bisa digunakan settingnya tidak sesulit yang kita bayangkan.

Sebagai salah satu fitur unggulan, scan to email ini memberikan akses untuk mengirimkan dokumen yang kita butuhkan saat sedang mobile (di luar kantor) dengan dukungan fasilitas teknologi telepon genggam saat ini. Saat kita sedang ada pertemuan dengan klien misalnya, ternyata kita membutuhkan sebuah dokumen yang terlupakan, kita bisa meminta bantuan rekan di kantor untuk mengirimkannya. Kita bisa saja meminta rekan untuk memfoto dan mengirimkannya, tetapi jika dokumen yang kita butuhkan puluhan halaman, apakah cukup efektif untuk mengirimkan foto ? Akan lebih baik jika file yang dikirimkan berupa file .pdf ( yang sebagian besar smartphone saat ini memiliki kemampuan membuka file tersebut ).

Cara Setting Scan to Email

  • Pastikan koneksi mesin bisa langsung terhubung ke internet.

Untuk hal ini bisa ditanyakan ke bagian IT di kantor/perusahaan. Umumnya IT akan memberikan IP Address untuk mesin disertai subnet dan gateway, tetapi untuk koneksi ke internet kita membutuhkan DNS address. Setelah kita mengetahui DNS nya, selanjutnya adalah memasukan DNS tersebut ke setting mesin. Pada beberapa mesin, kita tidak dapat melakukannya langsung di panel mesin, untuk itu kita set melalui browser ( Centerware Web ).

Caranya, dengan mengetik IP Address mesin pada browser. Jika terkoneksi akan muncul tampilan home status mesin. Kali ini langsung ke bagian properties. Untuk masuk ke properties, akan diminta user id dan password. User id gunakan 11111 dan password x-admin .

Kemudian pilih bagian protocol dengan sub category TCP/IP. Pada bagian ini, kita dapat melakukan setting yang berhubungan dengan IP Address, untuk saat ini fokus pada DNS. Saat pertama kali, bagian DNS akan diset DHCP, hilangkan ceklist dan isi DNS sesuai dengan yang sudah kita ketahui. Selanjutnya, pada bagian WINS , juga kita uncheck DHCP nya.

Langsung scroll kebawah, pilih Apply , satu hal yang perlu diketahui, untuk bisa set, mesin harus dalam keadaan standby (tidak digunakan), jika tidak kita harus menunggu saat mesin clear dan standby. Langkah terakhir reboot / restart mesin.

  • Setting akun email dan SMTP server

Langkah selanjutnya adalah set akun email. Hal ini bisa dilakukan melalui browser atau langsung di panel. Untuk saat ini kita langsung ke panel mesin. Log in dengan system administrator, kemudian masuk kebagian Network Setting.

Pertama kita masuk ke bagian port setting, cari Send Email dan aktifkan. Kembali ke network settings, masukan setting pada bagian SMTP Email/Outgoing email. Pilihan yang ada adalah dengan IP Address atau dengan Server name. Umumnya kita gunakan server name.

Saat ini kita membutuhkan sebuah akun email yang berfungsi. Untuk mudahnya gunakan akun Gmail. Untuk parameter smtp Gmail, bisa dicek di sini : Cara Setting SMTP Gmail

Masukan setting SMTP dengan lengkap, jangan lupa untuk set AUTHENTIFICATION dengan SMTP AUTH.

Setelah semua selesai, restart mesin

  • Membuat Address Book

Langkah terakhir adalah membuat address book untuk alamat email untuk menghindari penulisan saat akan melakukan scan to email.

Itu langkah-langkah untuk setting Scan to Email pada Fujixerox Document Center Group. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut gunakan kolom komentar dengan menyertakan alamat email yang berfungsi.