Jangan Buang Developer Fujixerox DocuCentre 286/3005/3007 dan Apeos 450/5010

Suatu saat hal ini akan terjadi pada mesin Fujixerox DocuCentre tipe apapun, baik warna ataupun B/W. Apa itu ? Hasil kurang bagus kurang pekat cenderung tipis (pucat). Kenapa hal ini terjadi ?

Hal ini disebabkan karena muatan listrik pada developer sudah berkurang sehingga kurang berfungsi maksimal untuk menampung toner dalam setiap butirannya. Seperti yang kita ketahui, baik developer maupun toner adalah serbuk dengan muatan elektrostatic yang berlawanan kutup sehingga keduanya akan saling mengikat satu-sama lain. Pada saat developer mulai berkurang muatan listrik statisnya, maka toner akan semakin berkurang yang menempel pada developer sehingga hasil fotocopi dan print akan kurang bagus.

Bagaimana solusinya agar hasilnya kembali bagus ? Beli drum cartridge yang baru … itu solusi paling mudah. Tetapi berapa harga drum cartridge ? Ada yang lebih hemat, cukup beli serbuk developernya saja dan anda akan banyak berhemat. Harga drum bisa mencapai 750 ribu atau lebih untuk remanufacture/refurbish dan developer hanya sekitar 400 ribu saja. Tetapi tetap saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada yang lebih hemat lagi, bahkan bisa dibilang tanpa mengeluarkan biaya .

Caranya cukup mudah, cukup cuci developer yang lama dengan detergen hingga benar-banar bersih dari toner, kemudian keringkan dengan di jemur di terik matahari ( jangan menggunakan micromave atau alat elektronik ). Selanjutnya untuk lebih maksimal, setelah kering, diamkan sekitar 2 x 24 jam dalam suatu wadah di dalam tempat yang sejuk dan tertutup. Ada yang bilang masukan dalam lemari es, tetapi nanti akan terjadi embun. Jadi sebaiknya cukup simpan di tempat yang tertutup terhindar dari sinar matahari.

Setelah 2 – 3 hari , sebelumnya pastikan benar-benar kering, campurkan sedikit toner dan aduk rata. Barulah setelah itu dimasukan kembali ke drum cartridge nya. Sebaiknya, sekalian saja ganti OPC drum nya dengan yang baru.

Cukup mudah bukan ? Hanya dengan modal sabun detergen dan sedikit waktu luang kita bisa memperoleh developer yang berfungsi baik ( tested by admin ). Dan tentu saja, hal ini berlaku juga untuk devloper mesin-mesin warna. Untuk hasil yang maksimal, proses ini cukup ulangi 2 – 3 kali cuci, setelah itu saya sarankan untuk ganti dengan yang baru.

Bocoran sedikit, developer mesin warna itu ternyata sama semua untuk setiap warnanya. Yang membedakan saat beli baru karena sudah dicampur dengan toner warna tertentu. Jadi Jangan buang developer mesin anda, masih bisa digunakan kembali ….

Semoga bisa membantu