White Streaks pada mesin Fujixerox DocuCentre Color 3370 G

Problem reproduksi warna pada mesin Fujixerox DocuCentre 3370G berupa garis putih memanjang sering terjadi. Baik pada 1 warna atau bahkan beberapa warna sekaligus. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, dan untuk menghilangkan garis putih ( white streaks ) tersebut harus kita kerjakan step by step.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab terjadinya problem itu;

  1. LPH kotor, kita bisa membersihkan LPH dengan bantuan alat pembersih yang tersedia di bawah drum. Cukup tarik maju-mundur untuk membersihkannya. LPH bisa kotor akibat tumpahan toner.
  2. Drum terkontaminasi, meskipun jarang terjadi, jika ada benda yang berada di area drum dapat mengakibatkan toner tidak melekat sempurna pada drum, akibatnya hasil print akan jadi pudar pada bagian itu.
  3. Developer tidak rata. Hal yang sering terjadi adalah developer mengalami kendala. Umumnya tidak rata pada area magnetic roller. Hal ini disebabkan adanya toner yang menggumpal atau benda lain. Tidak ada cara lain selain membersihkan developer tersebut. Pada kesempatan selanjutnya akan kami berikan tutorial singkat membersihkan developer tersebut.

Itulah penyebab umum yang menyebabkan problem white streaks, jika mesin tipe lain yang menggunakan laser unit, coba dicek juga laser unitnya.