Problem Harddisk terbaca hanya 2 TB

Belum lama ini setting CCTV dengan menggunakan system monitoring langsung dengan PC/komputer. Dengan menggunakan 2 buah harddisk untuk system dan penyimpanan data video recording. Tetapi ada problem harrdisk terbaca hanya 2 TB sedangkan aslinya 4 TB. Tentunya buat yang baru pertama kali menjumpai problem ini sudah bisa membuat bingung dan bahkan bisa membuat salah analisa dengan menyatakan harddisk rusak.

Belum lagi pengerjaan setting aplikasi untuk monitoring CCTV yang sudah terpasang, ditambah dengan ternyata harddisknya cuma 2 TB yang terbaca oleh windows. Pengerjaan terpaksa ditunda sementara mencari solusinya.

Dan setelah mengetahui penyebabnya yang ternyata sangat simpel. Pada saat pertama kali kita menambahkan/memasang harddisk baru, akan minta diformat terlebih dahulu. Pada umumnya formatnya adalah MBR ( Master Boot Record )* yang memang sudah diset sedemikian rupa hanya bisa membaca harddisk dengan kapasitas maksimum 2 TB walaupun fisiknya lebih dari 2 TB. Dan sisanya menjadi unalocated yang sudah tidak bisa diformat atau dibuat partisi baru.

Untuk membuat kapsitas terbaca seluruhnya kita gunakan format GPT ( GUID Partition Table )* . Jika sudah terlanjur membuat partisi MBR kita harus mengrubahnya menjadi GPT. Kebetulan saya langsung memformat ulang dengan wipe partition dan membuat yang baru dengan format GPT tersebut. Entah jika hanya melakukan convert saja, apakah data masih bisa terbaca atau tidak.

Caranya bisa melalui management disk lewat windows atau dengan aplikasi lain seperti Parttion Magic atau EaseUS Parttion dan sebagainya. Dengan merubah format MBR ke GPT seluruh kapasitas harddisk akan bisa terbaca semua.

)* Untuk lebih jelas mengenai kedua format ini bisa dipelajari secara singkat di halaman ini.