Mengatasi Error 061-333 pada Fujixerox Document Centre 236/286/3005/3055 Group

Sedikit share tentang cara untuk Mengatasi error 061-333 pada Fujixerox Document Centre 236/286/3005/3055 group tanpa harus melakukan penggantian part.Walaupun ada baiknya tetap dilakukan penggantian karena berhubungan dengan sirkulasi udara panas di dalam mesin.

Sebagaimana kita tahu, sirkulasi udara di dalam mesin fotocopy sangatlah penting untuk menjaga kualitas dan kehandalan mesin. Karena jika udara terlalu panas dan kurang sirkulasinya, akan banyak menyebabkan kendala, terutama pada drum/photoreceptor dan developer (jika ada). Oleh sebab itu, setiap dari fan/kipas di dalam mesin menggunakan sistem untuk menghentikan fungsi mesin jika terjadi problem pada kipas tersebut. Salah satunya adalah timbulnya kode error 061-333 pada Fujixerox Document Centre 236/286/3005/3055 group. Tidak tertutup kemungkinan pada mesin tipe lain juga sama.

Ada salah satu cara yang saya sarankan hanya untuk darurat, dengan maksud mesin bisa berjalan untuk proses penggantian kipas tersebut. Setelahnya wajib kita mengganti kipas tersebut untuk menjaga kualitas mesin dan mencegah problem lain yang bisa saja terjadi. Error 061-333 terjadi karena kipas yang berada di dekat Laser unit mengalami kendala, bisa lambat berputarnya atau bahkan berhenti sama sekali. Kita bisa melakukan bypass untuk kembali membuat mesin tidak menganggap ada kendala yang terjadi, dan untuk kemudian melakukan penggantian kipas pada waktu berikutnya (secepatnya) karena di khawatirkan laser akan mengalami kendala akibat terlalu panas.

Caranya adalah memotong salah satu kabel yang berfungsi sebagai kabel sinyal dan menempelkan/jumper ke body (ground). Saya sarankan untuk memotong kabel yang berada di belakang mesin yang dekat dengan MCU Board agar lebih mudah untuk proses berikutnya dibanding dengan memotong kabel dekat dengan kipas.

Pada gamber di atas, terdapat kode Fail (H) +5VDC artinya saat terjadi problem sinyal +5VDC terdeteksi, jadi kita cukup memberikan supply ground agar mesin menganggap kipas berfungsi normal. Untuk kipasnya, jika tidak menemukan pengganti, bisa menggunakan kipas lain, misalnya kipas untuk CPU dengan ukuran yang sesuai untuk diletakan di dalam dekat Laser unit. Untuk kabel, bisa diambil dari kabel aslinya atau dari sumber lain yang lebih mudah. Sedang masalah cara menempatkan tergantung dari kreatifitas masing-masing.

Itulah cara untuk Mengatasi error 061-333 pada Fujixerox Document Centre 236/286/3005/3055 group untuk keadaan darurat. Semoga bisa membantu.